Gareth Southgate Diminta Maksimalkan Kemampuan Jordan Henderson

Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris

Selama ini, pemain Timnas Inggris kerap tampil dengan skema 3-4-3. Itu sebabnya, banyak pihak mengharapkan Inggris akan menurunkan Jordan Henderson yang tampil sebagai bek tengah timnas.

Pelatih Gareth Southgate memang menfavoritkan skema 3-4-3 dalam laganya, di mana Jordan Henderson dan Eric Dier merupakan dua gelandang andalan yang bertugas menyeimbangkan pergerakan timnya.

Tidak banyak pemain yang bisa melakukan pekerjaan di tempat ini, karena hanya Dele Alli dan Ruben Loftus-Cheek yang terdapat dalam skuat. Namun, Kedua pemain tersebut pun lebih condong tampil menyerang.

Dengan tipisnya pemain gelandang di lini bertahan, wajar jika Southgate semakin sulit mengatur para pemainnya jelang kompetisi empat tahunan di Rusia nanti. Dia berharap jika Henderson atau Dier tetap dalam kondisi prima.

Jordan Henderson

Walau begitu, justru banyak yang menginginkan Southgate menurunkan Henderson bermain sebagai bek tengah. Pasalnya, Henderson memiliki kemampuan yang baik dalam hal memberikan umpan jarak jauh yang dapat digunakan jika tampil dalam posisi tersebut.

“Gareth Southgate harus mulai berpikir menurunkan Henderson sebagai pemain lini belakang. Lini belakang Inggris begitu lamban dan banyak tim yang akan memakai pemain gesit. Henderson bisa menjadi pilihan yang mudah, dapat bertahan dan bergerak bebas,” papar mantan pemain Chelsea, Tony Cascarino.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan jika tiap timnas mempunyai penyerang dengan kecepatan yang hebat. Banyak bek tengah Inggris yang tidak memiliki kecepatan yang baik. ‚ÄúTiga bek tanpa adanya gerakan gesit akan hancur dan salah satu penyelesaiannya adalah menjadikan gelandang di pos tersebut,” sambungnya.

“Javier Mascherano merupakan salah satu pemain yang dapat tampil dalam posisinya dengan apik, khususnya dalam dua posisi di level tertinggi. Timnas Inggris dapat menang melawan Tunisia dan Panama, namun dapat dihancurkan apalagi saat melawan Belgia, kecuali pelatih memutuskan hal yang pas di lini belakang,” tutup Cascarino kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *